Rabu, 06 Oktober 2010

Sondakh Serahkan SP2D PNPM Mandiri di 5 Kecamatan

Dana Pendamping Capai Rp 860 Juta

BITUNG, Swara Manadonews—Walikota Bitung Hanny Sondakh, Senin (04/10) lalu, menyerahkan SP2D (Surat Perintah Pembayaran Dana) untuk Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri Perkotaan ( PNPM ) Mandiri di kota Bitung, untuk proyek tahun anggaran 2010 melalui acara tatap muka pemerintah kota Bitung, bersama para pelaksana proyek PNPM atau para LKM (Lembaga Keswadayaan Masyarakat) yang dilaksanakan di BPU Kantor Walikota Bitung.

Sebanyak Rp 860 juta merupakan dana sharring atau Dana Pendamping Murni APBD tahun 2010, yang akan digunakan di lima kecamatan yakni, kecamatan Aertembaga, Maesa, Madidir, Girian dan Matuari. “Untuk 3 kecamatan lainnya yakni, kecamatan Lembeh Utara, Lembeh Selatan dan Ranowulu akan diikutsertakan di tahun 2011, dengan Alokasi Dana dari APBD kota Bitung sebesar 1 milyar rupiah, atau naik dari tahun ini dengan ketambahan 140 juta rupiah,” ungkap Rita Siripe SPd Koordinator Kota PNPM Mandiri kota Bitung.

Menurutnya, masyarakat Kota Bitung patut berbangga, karena pemerintah kota Bitung sangat peduli dengan program ini. Terbukti pelaksanaan proyek PNPM dari tahun ke-tahun mengalami peningkatan yang signifikan. Sehingga kalau tahun ini dana pendamping sebesar Rp 860 juta rupiah, maka tahun 2011 walikota Bitung telah menaikan dana dari APBD tersebut sebesar 1 milyar rupiah.

“Ini merupakan bukti perhatian, serta kepercayaan pemerintah daerah kepada seluruh pelaksana proyek ini. Lebih dari itu berbagai keberhasilan yang telah di capai oleh PNPM Mandiri, sejak tahun 2006. Dimana telah menunjukan kepedulian pemerintah bagi kesejahteraan masyarakat,” tukas Siripe.

Walikota Bitung Hanny Sondakh dalam sambutaanya mengatakan, bahwa pelaksanaan proyek PNPM Mandiri di Kota Bitung, telah dilaksanakan dengan baik, dan ini memberikan dampak positif bagi masyarakat. Sehingga keberhasilan ini membuahkan kepercayaan, baik dari pemerintah pusat maupun dari pemerintah kota Bitung.

Oleh sebab itu kata Sondakh, berbagai keberhasilan ini kita harus pertahankan dan tingkatkan, agar dapat bermanfaat lebih luas kepada seluruh masyarakat, sehingga apa yang kita harapkan boleh terwujud.

Walikota juga menghimbau, kepada seluruh pelaksana proyek untuk dapat memanfaatkan dana dengan baik dan transparan, agar tidak akan menimbulkan permasalahan kelak, dan tingkat kepercayaan masyarakat semakin baik.

Hadir pada acara ini selain tim PNPM kota Bitung, hadir juga para ketua LKM. Sedangkan dari pemerintah kota Bitung, selain Walikota Bitung, Assisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra Drs Edison Humiang, Assisten III Bidang Administrasi Umum Ir Alex Watimena MSi, para kepala SKPD terkait, para camat dan lurah. (dewi)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar