Selasa, 22 Juni 2010

Tumiwa Buka Bimtek Pemutahiran Data Kependudukan

MANADO, suara manadonews (22/06/2010)—Kepala Biro Pemerintahan dan Humas Setda Prov Sulut Drs Roy M Tumiwa MPd membuka Pertemuan Bimbingan Teknis (Bimtek) Konsolidasi Data Guna Mendukung Pemutahiran Data Kependudukan Tahun 2010.

Kegiatan yang berlangsung di hotel Sahid Kawanua Manado, Senin (21/06) menurut Kabag Pemerintahan Drs Lucky Taju MSi, diikuti Dinas Kependudukan dan Capil Kabupaten/Kota dan Provinsi. Kegiatan ini bertujuan meningkatkan SDM yang berkualitas dan profesional dalam pengelolaan dan penataan administrasi kependudukan terutama menyangkut data base kependudukan di masing - masing Kabupaten/kota, jelas Taju.

Tumiwa mengharapkan, peserta yang mengikuti kegiatan ini kiranya dapat mengikutinya dengan sungguh-sungguh, karena kegiatan ini selain dianggap penting dan urgen juga memerlukan penanganan serius dari anda sekalian selaku petugas pengelola data base di Kabupaten/kota masing –masing.

Pemerintah Provinsi bertanggung jawab dan berkewenangan dalam membina aparat pemerintah Kabupaten/kota, khususnya menyangkut pembinaan di bidang Administrasi Kependudukan (Adminiduk). “Sebab sama halnya pemerintah pusat melakukan hal demikian bagi Pemprov Sulut,” ujar Tumiwa.

Diakuinya, dewasa ini masih sangat sulit mendapatkan data akurat menyangkut kependudukan di tingakt desa dan kecamatan hal itu lebih disebabkan SDM petugas pengelola data masih sangat lemah. “Seperti data menyangkut kelahiran, perkawinan dan kematian,” kata Tumiwa.

Sementara Kasubdit Monitoring dan Evaluasi Ditjen Adminduk Endang Basyumi menyebutkan, bulan Juli 2010 seluruh pemerintah kabupaten/kota akan memperoleh dana pemutahiran data kependudukan melalui anggaran dekonsentrasi. (*/otnie)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar