Kamis, 26 Agustus 2010

Tuera: Probimas Bukan ‘Perpoloncoan’ Unima Tolak Pungli Bagi Mahasiswa

Unima Terima 3.721 Mahasiswa Baru

TONDANO, Swara Manadonews (26/08/2010)—Universitas Negeri Manado (Unima) sejak kemarin, Rabu (25/08) menggelar Program Pembinaan Mahasiswa Baru (Probimas) yang berlangsung di dalam Aula GOR Unima dengan mengambil tema tema Learn To Be Future leader. Diketahui Mahasiswa baru yang diterima pihak Unima sebanyak 3.721, diantaranya untuk Fakutas Ilmu Sosial (FIS) 464, Fakultas Teknik (Fatek) 587, Fakultas Ekonomi (Fekon) 351, Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) 572, Fakultas Bahasa dan Seni (FBS) 729, Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) 316, Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) 659.

Probimas yang akan dilaksanakan selama 3 hari adalah pembinaan mahasiswa baru yang dilakukan oleh senior dan bukan acara ‘pembinasaan’. “ Para Mahasiswa baru ini diharapkan bisa menjadi pemimpin dimasa depan. Dan untuk tahun ini tidak dibenarkan adanya perpeloncoaan. Hal ini dilakukan agar mahasiswa lebih mengenal para senior dan lingkungan kampus,” jelas Rektor Unima Prof Dr Philoteus Tuera MSi DEA.

Ditambahakanya, bentuk pembelajaran dalam Probimas yang dilaksanakan diarahkan untuk pembelajaran orang dewasa. Dan masalah yang sering mencuat dalam penerimaan mahasiswa baru biasanya adalah pungli. “ Sejak kemerdekaan tidak dibenarkan adanya punggutan liar, Unima sendiri sangat rasional dalam pendanaan,” jelas Tuera.

Sedangkan harapan Rektor, kiranya mahasiswa baru dapat menyelesaikan studi selama empat tahun dan dapat mencintai kampus baru mereka ini. Dalam kesempatan itu juga, dirinya mengajak mashasiswa baru untuk memanam pohon di sekitaran Unima . Diketahui jumlah pohon buah-buahan yang ditanam kurang lebih 5000. “Penanaman ribuan pohon ini untuk menjaga keasrian kampus dari pemanasan global saat ini,” pungkasnya.

Namun hal tersebut menurut PR III, Dra Itje Pangkey MSi, mengatakan kegiatan ini sendiri dilaksanakan untuk mempersiapkan para mahasiswa baru secara mental dan Psikologis. “ Selain itu bisa terjalin keakraban dengan para mahasiswa lainya,” jelas Liando.

Dilain tempat, menurut Ketua Panitia Probimas Marnex Berhimpong, mengatakan kegiatan ini sendiri dilaksanakan untuk mempersiapkan para mahasiswa baru secara mental dan Psikologis. selain itu bisa terjalin keakraban dengan para mahasiswa lainya. “ Kegiatan ini diarahkan sebagai wadah pengenalan mahasiswa secara holistik. Sedangkan pelaksanaan Probimas dua hari berikutnya dilaksanakan di masing-masing fakultas,”  tandas Berhimpong. (raynold) 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar