Jumat, 10 September 2010

Roring: 2011 Diusulkan, Pembangunan TPA Sampah Mitra Capai Rp 4 M

Ilustrasi: Tempat Pembuangan Akhir (TPA) 

RATAHAN, Swara ManadonewsDipastikan tahun 2011 mendatang, anggaran yang diusulkan untuk pembuatan TPA sampah jumlahnya cukup fantastis yakni sekitra Rp 4 miliar. Jadi penanganan kebersihan di wilayah Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra) dipastikan akan lebih maksimal menyusul kepastian bakal hadirnya Tempat Pembuangan Akhir (TPA) sampah di daerah yang baru dimekarkan 2007 lalu. Hal ini dikatakan Kepala Badan Lingkungan Hidup Kebersihan dan Pertamanan (BLHKP) Mitra, Ir Hanny Ch Roring Msi MM baru di Ratahan.

Dikatakannya, dana tersebut berasal dari pusat yakni Kementerian Pekerjaan Umum. “Jadi kami sudah masukkan kajian dan usulannya dan jawabannya adalah bahwa dana untuk pembangunan TPA sampah di Mitra akan dikucurkan nanti 2011 mendatang,” ujarnya.

Mantas Kadis PU dan SDA Mitra ini menjelaskan, rencananya TPA sampah ini akan dibangun di areal perkebunan Awang, Ratahan. “Yang pasti dengan adanya dana dari pusat itu, kita bisa membangun TPA sampah yang representatif dan mampu menampung produksi sampah di wilayah Mitra,” tandasnya.

Lanjut Roring, saat ini untuk menampung produksi sampah di Mitra, masih menggunakan lokasi Tempat Pembuangan Sementara (TPS) sampah di lokasi yang sama yakni di perkebunan Awang tersebut. “Memang belum adanya TPA, bukan berarti kita pasrah saja, tetapi terus berupaya mengoptimalkan penanganan kebersihan, baik dengan aparatnya maupun peralatan yang ada,” terangnya. (*/otnie)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar