Selasa, 20 Juli 2010

MANADO MENGALAMI MUSIM KEMARAU BASAH

MANADO, suara manadonews (20/07/2010)Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) stasiun klimatologi Sulut menyatakan cuaca di Manado sekarang adalah musim kemarau basah.

Daniel, prakirawan BMKG Stasiun Klimatologi Manado, siang tadi kepada beberapa wartawan menjelaskan bahwa "Kami sebut begitu sebab meskipun sekarang sedang musim kemarau basah namun tetap terjadi hujan walaupun sedikit, sehingga tidak ada musim kemarau yang benar-benar kering,".

Lebih jauh Daniel menjelaskan bahwa kondisi tersebut dikarenakan posisi Sulawesi Utar, khususnya kota Manado yang berada di garis ekuator, sehingga menyebabkan tingginya penyinaran dan penguapan yang penyebab utama terjadinya hujan.

Menurutnya sekarang kota Manado masih pada posisi peralihan musim kemarau ke musim hujan dimana masa udara dari belahan bumi selatan melewati udara Manado dan menyebabkan banyak terbentuknya awan yang berpotensi jadi hujan. Selain itu, Daniel mengatakan Lanina yang lemah itu, menyebabkan hujan tetap ada di musim kemarau sekarang dan berpotensi kuat terjadi di malam hari.

Kondisi ini akan terjadi sampai kira-kira tiga bulan mendatang sampai memasuki musim hujan, saat sedang panas diserap oleh tanah dan disimpan baru kemudian menguap di malam hari yang turun sebagai hujan, kata Daniel. Mengenai angin kencang yang sempat terjadi belakangan ini beliau menjelaskan itu dikarenakan ketidakstabilan cuaca yang membuat angin masih mencari kesetimbangannya, katanya.

Selain angin, suhu di kota Manado sekarang bervariasi dan yang paling tinggi berada di kisaran 34 derajat celcius dan 30 derajat celcius di siang hari, sementara malam hari berada di 24-25 derajat celcius. Kondisi cuaca di Kota Manado, dalam dua pekan belakangan ini selalu berpotensi hujan, baik di siang maupun malam dan yang sebelumnya didahului oleh suhu yang panas., Hal itu disebabkan oleh pemanasan yang tinggi sehingga setiap kali terjadi penguapan ke atas maka suhu akan terasa panas, kemudian terjadilan hujan. (*/dm)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar