Senin, 04 Oktober 2010

Peringati Hari Kesaktian Pancasila, M2O Tegur Sisiwa Tertidur

AMURANG, Swara Manadonews—Memperingati hari Kesaktian Pancasila yang jatuh pada 1 Oktober 2010, Pemerintah Kabupaten Minahasa Selatan (MInsel), menggelar apel bersama jajaran Pemkab, yang turut dihadiri oleh Ketua DPRD, Ketua Pengadilan, Kapolkres Minsel yang diwakili oleh Wakapolres, Koramil dan para Pegawai juga Guru serta Siswa se-Minsel.

Dalam apel bersama Penjabat Bupati Minsel, Drs Mecky M Onibala sempat mengatakan, bahwa dalam memperingati hari Kasaktian Pancasila ini, kita harus mengedepankan pemuda yang ada. Selain itu Onibala sempat menegur murid sekolah yang tidur, saat dirinya menyampaikan kata sambutan dalam acara peringatan kesaktian pancasila, di Aula Waleta Pemkab Minsel, Jumat (01/10).

"Kalau pembawah materi menyampaikan materi atau berikan sambutan harus dengar, jangan cuma tidur, abis itu pulang rumah ditanya orang tua tidak tahu," ujar Onibala.

Lanjut Onibala, kepada para murid-murid sekolah yang hadir dalam acara tersebut, untuk menghindari seks bebas, agar terhindar dari jeratan trafficking. “Ngoni semua (para siswa, red) ada baca berita-berita beberapa hari ini, yang melibatkan para siswi-siswi. Dan saya ingatkan jauhi seks bebas,” tandas Onibala memperingatkan.

Diingatkan pula Onibala juga kepada siswa, supaya jika meminta uang kepada orang tua untuk membayar uang sekolah, harus diberikan untuk dibayar. “Kalau orang tua kasih uang untuk bayar uang sekolah langsung bayar, jangan cuma pakai beli minuman beralkohol, apalagi untuk beli obat-obatan terlarang,” ujar Onibala lagi.

Ditmbahkannya, jelang Pilkada putaran ke-dua, para siswa yang akan pergunakan hak pilih pada putaran kedua ini, harus dipergunakan sesungguhnya, dan jangan tergiur dengan uang atau Sembako yang diberikan oleh para Tim sukses. “Saya meminta supaya para siswa menanyakan kepada ke-dua calon yang akan bertarung, tentang adanya pendidikan gratis dalam dunia pendidikan, agar mereka dapat mewujudkannya," ucap Onibala yang simbaut aplous oleh para siswa-siswi.

Acara kesaktian Pancasila ini, bekerjasama dengan KNPI Minsel dan Polres Minsel. Dimana sekaligus mensosialisasikan Undang-Undang (UU) Nomor 40 tahun 2009 tentang kepemudaan dan UU nomor 22 tahun 2009 tentang, lalu-lintas dan angkutan jalan. “Dengan hari Kesaktian Pancasila dan sebentar lagi akan juga ada hari sumpah pemuda, mari kita wujudkan pemuda Minsel yang berakhlak mulia, sehat, tangguh, cerdas, mandiri dan profesional," ujar Ketua KNPI (Minsel) Ir Petrus Ulaan. (drim's)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar