Selasa, 19 Oktober 2010

Mokodongan : Jadi Pejabat Jangan ”Koncudu”

SWARA MANADONEWS.COM—Pelaksana Tugas (Plt) Sekretaris Provinsi (Sekprov) Sulawesi Utara (Sulut) Ir Siswa R Mokodongan MSi, mengingatakan, sebagai pemikir perencana sekaligus pelaksana seorang pejabat eselon III dan IV harus mampu membangun sinergitas dengan para bawahan. “Ini penting, agar dalam menjalankan tugas dan pekerjaan semuanya bisa lancar,” ujar Mokodongan saat melantik dua pejabat eselon III dan IV di lingkungan Biro Umum Sekda Provinsi Sulut, Jumat (15/10).

Dikatakannya, Biro Umum merupakan barometer pelayanan publik, untuk itu keterbukaan dalam melaksanakan tugas dan pekerjaan, hendaknya selalu dikedepankan, pemberian pelayanan terbaik kepada masyarakat yang merupakan amanat undang-undang. “Terutama keterbukaan dalam proses pengadaan barang dan jasa dilingkungan Pemprov Sulut,” jelas Mokodongan.

Menyinggung sikap mental ”Koncudu” yang sering dipertontonkan seorang pejabat kepada bawahannya. Mokodongan mengibaratkan seperti buah yaki, hanya ucapan yaki yang selalu di terima bawahan dari atasannya.

Menurutnya, bawahan kita bukanlah yaki tetapi manusia. Karena itu kita harus memperlakukan sama, justeru kalau ada kelebihan rejeki hendaknya bisa dibagi-bagikan dengan bawahan, agar mereka juga bisa menikmati pula rejeki yang ada dari atasannya.

Dua pejabat Eselon III dan IV yang dilantik Sekprov Mokodongan, yakni Drs Sem Ferry Lumentut sebagai Kabag Urusan Dalam dan Perlengkapan serta Jusuf R Subroto SSos sebagai Kasubag Pengadaan dan Penghapusan Barang.

Diketahui Subroto sebelumnya, menjabat Kasubag Pemerintahan Umum pada Biro Pemerintahan dan Humas. Ia menggantikan jabatan yang ditingalkan Sem Lumentut. Lumentut sendiri menggantikan, Ir J Ateng MSi yang sebelumnya telah di lantik sebagai Karo Umum.

Diketahui, pelantikan tersebut berdasarkan Keputusan Gubernur Sulut Nomor 821.2/BKD/SK/107/2010 Tanggal 14 Oktober 2010 Tentang, Pemberhentian dan Pengangkatan Pejabat Struktural Eselon III dan IV di Lingkunga Pemprov Sulut. (*/otnie)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar