Rabu, 29 September 2010

PNPM Simpan Pinjam Diduga Salah Sasaran

TAHUNA, Swara Manadonews—Program nasional perdesaan mandiri (PNPM) yang harusnya yang salah satunya tujuan dari program ini bisa mengangkat citra kehidupan masyarakat kecil, belakangan menuai sorotan imbas dari adanya sejumlah kegiatan tersebut dinilai alias diduga salah sasaran. Sebut saja PNPM jenis kegiatan simpan pinjam yang nyatanya bukan dinikmagti masyarakat tidak mampu melainkan masyarakat yang eknominya menengah ke atas.

Seperti halnya terjadi di kampung Lesabe Kecamatan Tabukan Selatan, pasalnya jenis kegiatan simpan pinjam tidak pernah dinikmati warga kurang mampu. “Di Lesabe ini yang menikmati simpan pinjam bukan warga miskin tetapi sejumlah pengusaha khususnya etnis China,” ujar sejumlah warga ketika ditemui belum lama ini.

Olehnya sejumlah warga memintah kepada pemerintah agar melakukan peninjauan kembali terhadap jenis kegiatan simpan pinjam dari PNPM. “Program ini sudah dipastikan tetap menguntungkan warga yang mampu, olehnya dirubah saja dengan program lainnya yang benar-benar menyentuh warga miskin,” imbuh mereka.

Menanggapi masalah ini ketua Forum Masyarkat Tamako Bangkit (FMTB) Ridy Maniku mendesak pemerintah menyikapi dengan serius persoalan yang telah terjadi. “Harus ada tindaklanjut yang jelas dari pemerintah sehingga miliaran alokasi anggaran untuk PNPM tersebut tidak mubasir sebab salah sasaran,” tegas Maniku. (iwan)





Tidak ada komentar:

Posting Komentar