Rabu, 29 September 2010

Pelabuhan Tahuna Butuh Perluasan Dermaga

TAHUNA, Swara Manadonews—Areal dermaga di pelabuhan Tahuna saat ini perlu diadakan perluasan. Pasalnya, saat ini areal dermaga pelabuhan Tahuna terlihat sudah sempit jika dibandingkan dengan jumlah kapal yang berlabuh. “Areal dermaga pelabuhan Tahuna perlu dilakukan perluasan. Karena jika banyak kapal yang berlabuh, maka sebagian sudah tidak mendapati tempat yang baik,” ujar sejumlah warga.

Dikatakan mereka, akibat dari kurang luasnya areal dermaga, maka sering kali kapal penumpang yang datang dari Manado hanya bisa sandar di kapal lain. Hal itupun membuat penumpang mengalami kesulitan untuk turun dari kapal menuju ke areal Pelabuhan.

Kepala Kantor Pelabuhan (Kakapel) Tahuna, Mokodompis Muhaling SIP ketika dikonfirmasi  mengatakan, hal itu memang sebelumnya telah direncanakan oleh pihaknya. “Memang kami sudah merencanakan untuk melakukan perluasan diareal dermaga,” tukas Muhaling.

Namun dikatakannya, saat ini pihaknya tinggal menunggu kedatangan kapal milik TNI AL yang dihibahkan ke Pemkab Sangihe masuk ke Pelabuhan Tahuna.  Sehingga ketika kapal itu masuk, maka pihaknya akan langsung melakukan pengusulan ke pemerintah pusat untuk perluasan areal.

“Jadi kedantangan kapal itu akan menjadi acuan kami dalam pengusulan perluasan areal dermaga. Karena kapal tersebut memiliki panjang sekitar 75 meter dan 25 meter,” ungkapnya. (iwan)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar