Rabu, 01 September 2010

H-8 Arus Mudik Terminal Malalayang Normal


Swara Manadonews(01/09/2010)-Delapan hari menjelang hari raya Idul Fitri 1431 Hijriah, arus mudik di di terminal Malalayang Kota Manado masih normal,  belum ada lonjakan penumpang,  "Hingga hari ini arus mudik ke Makasaar, Palu dan Gorontalo belum naik sehingga suasana di terminal Malalayang Manado masih terlihat aman," kata Kepala terminal Malalayang Manado Laurens Rumondor di Manado,  Rumondor mengatakan berdasarkan pengalaman tahun-tahun sebelumnya arus mudik baru akan terlihat ada lonjakan pada H minus tiga dan H minus dua, saat perjalanan ke Gorontalo, Palu dan Makassar tidak begitu lama.

Arus penumpang di H minus tiga dan dua biasanya akan mencapai 150-160 persen dari jumlah penumpang normal yang biasanya 140-196 penumpang setiap harinya, diperkirakan akan menjadi menjadi 420-476 orang dalam sehari, jelas Rumondor,  tetapi ia mengatakan walaupun jumlah penumpang melonjak jauh, mereka belum akan membutuhkan tambahan armada, sebab yang ada sekarang di terminal Malalayang masih cukup dan sanggup mengangkut para penumpang yang akan berlebaran di kampung halamannya.

Sementara itu kepala Dinas Perhubungan Manado Hanny Waworuntu mengatakan terminal Malalayang menjadi posko induk untuk arus mudik dari Kota Manado ke Gorontalo, Palu hingga Makassar.
Bahkan menurutnya mereka sudah menyiapkan armada tambahan jika memang nantinya diperlukan, bus dari Karombasan dan Paal Dua akan digunakan untuk mengangkut penumpang yang akan pulang kampung.
"Di Posko yang disiapkan oleh Dinas Perhubungan Manado ada petugas yang sudah siap untuk memeriksa kelayakan mobil yang akan berangkat, baik sopirnya sampai bus meliputi pemeriksaan rem, ban hingga bahan bakar mobil," kata Waworuntu.

Ia mengakui dalam beberapa tahun belakangan ini jumlah pemudik yang menggunakan angkutan bus berkurang banyak, karena mereka lebih memilih berkendara motor secara bersama-sama atau menggunakan mobil carteran ataupun taksi, tetapi ia mengatakan mereka tetap siap dengan armada cadangan.
Hingga H minus delapan harga tiket belum naik di Malalayang selain itu tidak ada aksi calo di tempat tersebut, karena penumpang tak banyak untuk Manado-Makassar tiketnya seharga Rp350 ribu, Manado Palu Rp175 ribu dan Manado Gorontalo Rp80 ribu.*(demint)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar