Minggu, 01 Agustus 2010

Sedikitnya 75 Rumah Terendam Air

Akibat Sungai Belang Meluap

BELANG, suara manadonews (01/08/2010)—Hujan yang tak berhenti sejak Rabu (28/7) sore hingga malam hari, di sebagian besar Kabupaten Minahasa Tenggara, mengakibatkan sungai Belang menguap dan merendam desa Buku Tenggara, Desa Buku Induk dan sebagian Desa Belang. Menurut Camat Belang Basyir Paturusi, kejadian tersebut memang biasa terjadi di Belang. “Tak ada kerusakan parah karena air yang meluap hanya sekitar setengah meter,” ujarnya.

Dia mengatakan, air hanya menggenangi halaman rumah warga, dan ada sekitar 75 rumah yang tergenang. “Kami tak mengajukan bantuan ke Pemkab karena memang ini hanya bencana ringan yang bisa ditangani tingkat kecamatan,” tandas Paturusi yang rumahnya juga terendam banjir.

Akibatnya, sejumlah masyarakat harus mengungsi di Masjid Al-Ikhlas Buku. Salah satu warga korban bencana banjir mengatakan, air sudah surut dan semua warga sedang membersihkan lumpur. “Tak ada kerusakan parah, kami mengungsi hanya karena panik,”ujar Hasni Mahmud. Ditambahkan Samad Bangsawan, sekarang ini warga sudah bisa beraktivitas seperti biasa. “Kami berharap Pemkab Mitra memperhatikan sungai yang ada di Belang, mungkin bisa dilakukan pengerukan,” pungkasnya. (*/otnie)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar