Kamis, 12 Agustus 2010

Pemkab Mitra Peringati Hari Lingkungan Hidup Sedunia

RATAHAN, suara manadonews (12/08/2010)—Mengingat pentingnya menjaga kelestarian keanekaragaman hayati, maka dalam memperingati hari Lingkungan Hidup Sedunia 2010, Indonesia mengusun tema “Keanekaragaman Hayati, Masa depan Bumi Kita”. Tema ini mengacu pada tema Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2010 oleh United Nations Environment Programme yang diperingati di Kagali, Rwanda yaitu” Many Species, One Planet, One Future. Hal ini dikatakankan oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra) Drs Freddy F Lendo dalam acara puncak peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia di Mitra, yang bertempat di kantor Bupati Mitra kelurahan Wawali Jumat (06/08) lalu.  

Lebih lanjut, Sekda menyatakan, bahwa keanekaragaman hayati mempunyai peran penting bagi kehidupan manusia karena merupakan sumber penyediaan bahan pangan, sandang, papan dan obat-obatan. Disamping itu, juga berfungsi sebagai penyedia sumber air, udara bersih dan bentang alam untuk pariwisata. “Saya mewakili bupati Mitra, Telly Tjanggulung mengajak semua pihak untuk berpartisipasi menjaga sumber daya alam Indonesia khususnya yang ada di Kabupaten Mitra, terutama keanekaragaman hayatinya, agar dapat bermanfaat secara berkelanjutan. Mari kita sama-sama selamatkan bumi kita,” ujar Lendo.

Kepala Badan Lingkungan Hidup Kebersihan dan Pertamanan Ir Hanny Roring MSi menambahkan, bahwa BLHKP Mitra telah melaksanakan kegiatan yang mendukung pelestarian lingkungan seperti melaksanakan 3R (reuse, reduce, and recycle), juga untuk perlindungan keanekaragaman hayati dan pelestarian  keindahan alam (landscape beauty preservation).

Puncak Perayaan Hari Lingkungan Hidup Sedunia di Mitra, menurut ketua Panitia Drs Berty Kawengian SPd melalui Sekretaris Arce Kalalo SH, diadakan berbagai kegiatan diantaranya lomba pidato Bahasa Inggris antar SMU sederajat se Kabupaten Mitra, dengan juara I Sriwulandari Tukidjo utusan SMA N 1 Ratahan, juara II Ribka Panjaitan utusan SMA N 1 Ratahan, Juara III Carlos Antow utusan SMA Advent Ratahan. Sementara untuk Lomba Chaka-chaka antar SKPD dengan juara I BKDD dan Juara II BLHKP,  Gelar Sekolah Peduli Lingkungan yang diraih oleh SMA N 1 Ratahan.

Selanjutnya, dilakukan secara simbolis penanaman pohon diareal kantor bupati Mitra yang baru. Turut hadir pada kesempatan ini adalah wakil ketua DPRD Mitra Katrien Mokodaser, Asisten I Drs Frans Rolos, Asisten II DR As’ad Paturusi MAppSc, serta sejumlah pejabat di jajaran Pemkab Mitra. (*/otnie)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar