Kamis, 19 Agustus 2010

Pawai Pembangunan Meriah, Pembuatan Aren Jadi Daya Tarik

RATAHAN, suara manadonews (19/08/2010)—Rabu (18/8) kemarin, Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra) menggelar pawai pembangunan yang diikuti seluruh kecamatan, dengan menampilkan potensi alam yang dimiliki. Peserta start di Tombatu, finish di Desa Ranoketang Atas Kecamatan Touluaan dan diterima oleh Bupati Mitra Telly Tjanggulung bersama jajaran Pemkab Mitra. Sebanyak 107 kendaraan hias mengikuti pawai pembangunan yang rutin digelar setahun sekali ini.

Potensi alam dari pertanian, perkebunan dan potensi kelautan dipamerkan dalam kendaraan yang dihias kreatif masyarakat Mitra. Pawai dibuka oleh kecamatan yang baru dimekarkan yaitu Silian Raya yang kaya akan sumber pertanian. Warga menghiasi mobil denga pepaya, pisang, kacang tanah, kelapa dan padi. Begitu juga kecamatan yang lain.

Bahkan dari kecamatan Touluaan Selatan (Tosel) memboyong roda sapi, dari desa Kalait memamerkan cara membuat gula aren. "Potensi seperti ini harus dikembangkan, Mitra punya banyak kekayaan alam yang patut dibanggakan dan ditingkatkan," ujar Bupati Mitra Telly Tjanggulung. Bupati pertama pilihan rakyat ini mengajak seluruh warga Mitra untuk tahu membudidayakan hasil alam. "Itu adalah berkat Tuhan yang patut disyukuri," tandasnya.

Selain potensi alam, ada pula mobil yang dihiasi dengan hasil kerajinan tangan warga. Diantaranya hiasan kaca dan meubel dari kecamatan Tombatu Timur, dan beberapa sekolah memamerkan ketrampilan para siswa. Sejumlah sekolah turut serta dalam pawai ini, bukan hanya mengikuti pawai mobil hias pun mengutus tim drumb band. Dua tim paskibraka dari kecamatan Touluaan dan Tombatu-pun ikut serta.
Gelar Berbagai Kegiatan Lomba

Acara ini masih dalam rangkaian kegiatan ulang tahun Proklamasi RI ke-65 yang digelar Pemkab Mitra. Kegiatan lain, lomba kebersihan antar desa berhasil dimenangkan desa Ranoketang Atas, utusan dari kecamatan Touluaan, lomba lain paduan suara antar SKPD, Dikpora meraih juara. "Rangkaian kegiatan akan kami tutup dengan ibadah syukur yang akan digelar Kamis (19/8) siang tadi, kami berterima kasih untuk kerja sama dari semua pihak hingga kegiatan yang kami jadwalkan boleh berjalan," tukas Ketua Panitia dr As'ad Paturusi yang juga asisten II Mitra. (*/otnie)

Berikut ini Hasil Lomba dalam Rangka HUT Proklamasi Kemerdekaan RI ke-65 di Mitra:
I. LOMBA KEBERSIHAN
JUARA :  1. Desa tatengesan satu kecamatan posumaen
              2. Desa Tolombukan Barat Kecamatan Pasan
              3. Desa Pangu satu Kecamatan Ratahan timur

II.       LOMBA PAWAI PEMBANGUNAN
JUARA :  1. Kecamatan Silian Raya
              2. Kecamatan Tombatu Utara
              3. Kecamatan Tombatu timur

III.  LOMBA GERAK JALAN
       JUARA :     (SKPD)      
            1. Badan Kepegawaian Daerah dan Diklat
2. Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga
3. Dinas pertanian dan Peternakan

(SD)     1. SD Gemim Ratahan
2. SDN 2 Ratahan
3. SDN Wioi

 (SMP)   1. SMP 3 Ratahan
 2. SMP 4 Tombatu
 3. SMP 1 Ratahan

 (SMA 1. SMK Ratahan
 2. SMK 1 Belang
 3. SMA N Tombatu

IV.    LOMBA LAWAK
JUARA :  1. DIKPORA

 V.      LOMBA IDOL
JUARA :   1. Dinas Kesehatan
   2. Kecamatan Ratahan
   3. Dinas Kehutanan Perkebunan

VI.    LOMBA PADUAN SUARA
JUARA :   1. DIKPORA
   2. Dinas Kehutanan dan Perkebunan


Tidak ada komentar:

Posting Komentar