Rabu, 07 Juli 2010

Pemkot Tomohon Siap Ikut Tournament of Roses Pasadena

JAKARTA, suara manadonews (07/07/2010)—Kota Tomohon mendapat kehormatan untuk mengikuti Tournament of Roses di Pasadena Amerika Serikat pada tahun 2012 nanti. Demikian diungkapkan Direktur Jenderal (Dirjen) Pemasaran Kementrian Pariwisata dan Kebudayaan (Budpar) Republik Indonesia (RI), Sapta Nirwandar saat mengadakan konferensi pers di gedung Sapta Pesona Kementrian Budpar Jakarta, Rabu pekan lalu.

“Tahun 2012, Tournament of Roses di Pasadena, Pemerintah Republik Indonesia akan mengikuti dengan stan Kota Tomohon di sana,” ujar Nirwandar. Diakui Nirwandar, potensi florikultura Kota Tomohon akan dapat dikembangkan untuk kesejahteraan masyarakat. Dan dengan keberhasilan Kota Tomohon menggarap potensi tersebut yang bersentuhan langsung dengan sektor pariwisata otomatis akan menjadi keberhasilan Pemerintah RI juga.

“Bunga dan dekorator dari Kota Tomohon setiap tahun telah menghiasi Istana Negara. Ini suatu prestasi dan kalau perlu ke depan bunga Kota Tomohon harus ada di seluruh negara. Apalagi Kota Tomohon memiliki potensi pariwisata yang tidak kalah dengan daerah lainnya di Indonesia. Banyak potensi yang jika digarap dengan benar dan baik tentu akan menunjang program Pemerintah RI, seperti misalnya yang saya programkan di Singkarak berupa Tour the Singkarak. Nah kali ini kami akan mendorong Kota Tomohon dengan pelaksanaan Tomohon Flower Festival,” tuturnya.

Karena Kota Tomohon dan Kota Manado Provinsi Sulawesi Utara telah dijadikan destinasi tujuan pariwisata di Indonesia, menurut Nirwandar apabila perlu dibuka penerbangan langsung dari luar negeri ke Manado. Misalnya, Jepang (Tokyo) – Manado yang kemudian berkembang Manado ke Tomohon dan seterusnya. “Kalau perlu sudah ada flight Tokyo–Manado. Yang pasti apa yang diprogramkan Pemerintah Kota Tomohon lewat TFF, Kementrian Budpar RI bangga dan akan mendorong terus pelaksanaan TFF,” jelasnya.

Sedangkan Walikota Tomohon Jefferson S M Rumajar SE mengaku obsesi diadakannya TFF adalah agar di setiap hotel atau tempat lainnya tidak lagi menggunakan bunga plastik melainkan menggunakan bunga segar dari Kota Tomohon. “Saya menargetkan tahun 2013 Kota Tomohon sudah melakukan ekspor perdana bunga ke berbagai negara. Apalagi di Kota Tomohon supra dan infrastrukturnya sudah semakin baik,” ujarnya.

Dengan bunga, tambah Rumajar, Kota Tomohon ditargetkan menjadi Centre of Exellent baik regional, nasional bahkan internasional. “Sudah menjadi tugas saya selaku Walikota Tomohon untuk mensejahterakan masyarakat. Nah salah satu potensi yang ada adalah sektor florikultura. Untuk itu saya berharap marilah kita bersama-sama menciptakan harapan tersebut,” pungkasnya, seperti yang dilansir tomohonkota. (***)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar