Kamis, 01 Juli 2010

Pemkot dan Masyarakat Kota Bitung Rayakan Adipura ke-4

Walikota :  Terima Kasih Untuk Masyarakat Bitung

BITUNG, suara manadonews (01/07/2010)—Wujud syukur atas penghargaan yang diraih kota Bitung melalui Adipura Ke-4 tahun 2010, kalau sebelumnya telah dilakukan penyambutan dan arak - arakan sekaligus perayaan syukuran di masing-masing kecamatan, puncaknya Sabtu pekan lalu, dirayakan secara umum di rumah jabatan Walikota Bitung Hanny Sondakh.

Kegiatan yang diawali dengan ibadah yang dipimpin oleh Pastor Agus Sumarauw Pr, di hadiri oleh ribuan masyarakat serta para undangan dengan khusuk mengikuti jalannya acara yang turut di meriahkan dan dipandu oleh pembawa acara kondang Amoy, begitupun juga dengan antusianya masyarakat yang memadati acara tersebut sebagai bentuk kegembiraan dan apresiasi atas kerja keras yang mereka lakukan selama ini.

Sekretaris Daerah Kota Bitung Max J Lomban SE MSi dalam sambuan pengantar acara menekankan pentingnya pelestraian lingkungan hidup bagi kehidupan saat ini dan masa yang akan datang, mengutip apa yang disampaikan oleh Lomban bahwa Indonesia merupakan satu dari tiga yang ditetapkan sebagai paru-paru dunia bersama dengan hutan amazone Brazil dan Kongo "Marilah jaga lingkungan dan selamatkan bumi, karena jika kita tidak peka terhadap bumi dan alam sekitar akan mengakibatkan, pemanasan global ( global warming ), kekurangan oksigen, penipisan lapisan ozon, pencemaran udara, air, dan tanah.  Selain itu Musnahnya species hewan dan tumbuhan.

Untuk itu masyarakat dihimbau untuk melakukan 3R yakni, Reduce (mengurangi sampah),  Recycle (mendaur ulang sampah), reuse (menggunakan kembali barang atau bahan). “Sebab itu, kita harus bersatu padu terus tingkatkan kebersamaan demi mewujudkan Bitung sebagai Geen City atau kota yang hijau,” ujar Lomban.

Selanjutnya sebagai penghargaan atas kerja keras masyarakat selama ini menunjang dan terlibat langsung mewujudkan kota Bitung yang bersih, sehat, pelestraian hutan dan lingkungan hidup yang asri dan nyaman Walkota Bitung Hanny Sondakh memberikan penghragaan kepada beberapa perwakilan diantaranya Muspida, Santy G Luntungan ST, selaku Ketua DPRD, tokoh agama Pdt F Karundeng STh dan Imam Makagansa,  tokoh masyarakat, F Maringka, Kadis Kebersihan Drs Yossy Kawengian, Pers, Ferdy Pangalila, Camat Matuari Maikel J Sondakh SSos MAP, Lurah Girian Indah, kepala lingkungan, RT, buruh sampah, penyapu jalan, buruh tata ruang, yang diberikan secara simbolis dan selanjutnya akan diberikan kepada semua yang telah berjasa.

Walikota Bitung Hanny Sondakh walaupun dengan kondisi fisik yang belum pulih terlihat sangat ceriah dan terharu melihat banyaknya masyarakat yang menghadiri acara tersebut yang juga turut di meriahkan oleh grup masamper kelurahan Batulubang Kecamatan Lembeh Selatan. Dalam sambutannya Walikota menyampaikan penghargaan serta ucapan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada masyarakat kota Bitung yang telah bekerja keras menopang dan membantu pemerintah, sehingga boleh menerima penghargaan Adipura yang ke-4 kalinya secara berturut. “Penghargaan ini merupakan upaya dan kerja keras masyarakat, oleh sebab itu penghargaan ini sepatutnya pula kami persembahkan buat seluruh masyarakat,” tandas Sondakh, yang dikenal kepala daerah terkaya di Sulut.

Lanjutnya, jadikanlah momen ini sebagai sarana untuk menjalin kebersamaan yang erat membangun kota Bitung yang tercinta, sambil mengedepankan persatuan dan kesatuan dalam mensukseskan program pemerintah. “Buah dari upaya kita bersama hendaklah terus kita lestarikan menjadi budaya hidup sehari-hari, sehingga menjadi budaya baru yang mendatangkan manfaat dalam kehidupan kita. Membudayakan hidup bersih dan sehat, juga telah melestarikan nilai yang sangat besar dan berarti kepada anak dan cucu kita,” pungkasnya.

Hadir pada acara tersebut ketua DPRD Santy G Luntungan dan sejumlah Anggota Dewan kota Bitung, Dirpolairud Kombes Tubuh Musareh, Kapolresta Bitung AKBP Suseno Nurhandoko SIK. Kajari  Bitung Jasa Ketaren SH. Ketua Pengadilan Negeri Amin Sutikno SH MH. Dandim 1310 Bitung Letkol Inf Drs Denny Masengi, Danyonhanmarlan Mayor B Siregar, Dansamla Mayor Budi, para Assisten Setda, kepala SKPD, tokoh agama, tokoh masyarakat, LSM, Pers, undangan dan masyarakat. (ayu dewi)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar