Kamis, 22 Juli 2010

LIMA SMP TERIMA BANTUAN SEKOLAH STANDAR NASIONAL


MANADO, suara manadonews (22/07/2010)—Sebanyak lima Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Kota Manado mendapatkan bantuan Sekolah Standar Nasional (SNN) tahun 2010.


"Bantuan dikelola sekolah dan menjadi pendamping Biaya Operasional Sekolah (BOS), sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku," kata Kepala Dinas Pendidikan Nasional (Diknas) Manado, Ferry Karwur di Manado, Kamis.

Karwur mengatakan bantuan yang diberikan kepada sekolah itu tergantung dari banyaknya jumlah siswa yang terdaftar di sekolah tersebut, semakin banyak jumlah siswanya makin besar bantuannya.

Sekretaris Dinas Diknas Manado Soleman Montori mengatakan bantuan SSN tersebut telah mulai disalurkan, tetapi baru dua bulan Januari dan Februari.

Untuk selanjutnya yakni Maret sampai Juni 2010 belum disalurkan sebab hingga kepala sekolah belum seluruhnya memasukan laporan pertanggungjawaban penyaluran dua bulan sebelumnya, jika telah dimasukan baru akan direalisasikan.

"Untuk bulan Januari dan Februari dana yang telah disalurkan sebesar Rp59 juta dari total Rp354 juta untuk sathun, nantinya akan segera diselesaikan hingga bulan Juli jika semua persyaratan yang diminta oleh Diknas sudah dipenuhi," kata Montori.

Sekolah-sekolah yang menerima bantuan tersebut adalah SMP negeri Satu Manado, SMP enam, SMP tujuh, SMP negeri delapan, dan SMP Negeri 13 Manado dan dikelola untuk mendukung semua kegiatan sekolah, jelas Montori.

Sementara itu wakil ketua komisi D Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Manado Amir Liputo mengatakan semua bantuan yang diberikan kepada sekolah-sekolah yang ada di Manado menjadi pertanda betapa pemerintah memperhatikan pendidikan di Manado.

"Tetapi memang harus diakui pemerintah kota belum menganggarkan dana khusus pendidikan di luar gaji para guru, sehingga kalau dipilah-pilah, jumlah masih sangat kurang," kata Liputo.

Kebanyakan bantuan yang diterima siswa di Manado adalah bantuan dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) dan APBD provinsi, sementara untuk Manado sendiri masih sangat kurang, karena ia mengatakan DPRD akan mendesak agar anggarannya ditambah lagi, kata Liputo.(*/denny)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar