Senin, 26 Juli 2010

Lima Negara Meriahkan ToF

MANADO, suara manadonews (26/07/2010)—Lima negara yakni Rusia, Vietnam, India, Malasia dan Korea Utara, masing-masing memamerkan ciri khas negaranya dalam kendaraan hiasan bunga segar pada turnamen bunga (Tournament of Flowers/ToF) Tomohon, Sulawesi Utara (Sulut).

"Kehadiran lima negara tersebut bukan hanya menambah semarak turnamen tahunan tersebut, tetapi juga sebagai daya tarik pariwisata ke Tomohon dan Provinsi Sulut pada umumnya," kata Walikota Tomohon, Jefferson Rumajar di sela-sela turnamen yang disaksikan ribuan pasang mata di Tomohon, Jumat (24/7) pekan lalu.

Dalam turnamen tersebut, Rusia tampil dengan hiasan bunga berbentuk beruang salju dan bangunan Kremlin yang sangat terkenal, membuat ribuan pasang mata terkagum-kagum  menyaksikan pawai hias kendaraan bunga kendati di bawah guyuran hujan lebat.

Sementara Malaysia tampil dengan kendaraan dengan latar masjid dan bunga sepatu yang menjadi salah satu ciri kas negara tersebut. Korea Utara tampil dengan kendaraan berbentuk angsa raksasa serta tampilan buah segar produksi petani negara Asia tersebut, sementara India dengan rancangan gedung Taj Mahal makam tua abad-16 serta gasebo.

Vietnam memukau dengan hiasan bunga segar berbentuk Pady Cab yang melambangkan semangat kerja dengan ikon seorang petani dengan kuat menarik pedati.

Selain kelima negara tersebut, 76 kota di Indonesia ikut menampilkan berbagai ciri khas daerah masing-masing dalam bentuk hiasan bunga pada kendaraan hias yang berjalan menyusuri jalan utama di Kota Tomohon. Provinsi Sulut, menampilkan kendaraan dengan hiasan komoditi unggulan cengkih, pala dan kelapa sebagai andalan penghasil pendapatan bagi masyarakat daerah ini.

Kepala Subdit Direktorat Jenderal Pengembangan Distanisi Pariwisata, Kementerian Pariwisata dan Kebudayaan, Winarno Sujas, mengatakan, Tomohon merupakan contoh daerah di Indonesia yang berhasil mengembangkan kekhasan daerah guna pengembangan pariwisata ke depan. "Setiap tahun wisatawan akan datang seperti halnya tahun ini, karena mereka ingin menyaksikan festival yang begitu menawan, untuk itu perlu ditingkatkan pelaksanaannya di tahun-tahun mendatang," tandas Winarno.

Turnamen bunga tahun ini, dirangkaikan dengan pemilian ratu bunga yang diikuti 82 peserta dari seluruh Indonesia. (***)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar