Senin, 26 Juli 2010

KPU Manado Mulai Lipat Surat Suara

MANADO, suara manadonews (26/07/2010)Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Manado mulai melakukan pelipatan surat suara di ruang serba guna kantor KPU Manado, "Pelipatan surat suara tersebut melibatkan kelompok kerja (Pokja) serta komisioner yang ada di KPU Manado bahkan warga Manado namun diperiksa lebih dulu," kata ketua KPU Manado Conny Palar di Manado, Senin (26/7). 

Palar menjelaskan warga yang dilibatkan untuk melipat kertas suara tersebut berjumlah 25 orang dan dibayar perlembar dan diwajibkan menyelesaikan pelipatan kertas suara tersebut dalam wamtu tiga hari, setelah selesai dilipat maka suara akan didistribusikan ke semua sembilan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) yang ada di kota Manado untuk diteruskan ke Panitia Pemungutan Suara (PPS), paling lambat satu hari sebelum waktu pencoblosan. 



Sementara undangan sudah disalurkan ke seluruh PPK karena harus ditandatangani oleh seluruh ketua Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) sebelum disebarkan kepada para pemilih yang ada di Kota Manado. 

Ketua bidang pengawasan dan penindakan Panitia pengawasan Panitia pengawas (Panwas) pemilihan Kepala daerah (Pilkada) Manado Sony Pangkey mengatakan pihaknya sudah memantau pelipatan surat suara yang melibatkan warga sekitar.





















Dari pemantauan secara langsung tersebut Pangkey mengatakan semua proses masih berjalan sesuai jalurnya dan tidak ada kejanggalan yang ditemukan, sebab terus mendapat pengawasan ketat dari staf KPU Manado. 
"Apalagi setiap orang yang masuk diperiksa dengan ketat, dan polisi berjaga satu kali 24 jam, jadi kemungkinan terjadinya kebocoran juga sangat kecil, dan menurut laporan KPU juga memeriksa setiap pelipat kertas setiap kali selesai untuk menjaga kehilangan atau dicurinya kertas suara," kata Pangkey.

Sementara Kepala Badan Kesatuan bangsa politik dan perlindungan masyarakat (Kesbangpolinmas) Manado Frangky Mewengkang mengatakan proses pelipatan surat suara tersebut ada dalam kewenangan KPU Manado. "Tahapan tersebut memang melibatkan masyarakat, dan kami yakin KPU mengawasinya dengan ketat supaya tidak ada hal-hal diluar kendali yang terjadi, pemerintah mendukung semua langkah KPU agar bisa menyelenggarakan Pilkada yang berkualitas," kata Frangky Mewengkang.(*/denny)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar