Rabu, 21 Juli 2010

KANDIDAT WALI KOTA MANADO PAPARKAN VISI MISI


MANADO, suara manadonews (21/07/2010)—Sembilan pasangan kandidat wali kota dan wakil wali kota Manado akan memaparkan visi dan misinya di hadapan rapat paripurna Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Manado.

"Pembacaan visi dan misi ini disepakati Badan Musyawarah DPRD Manado digelar karena sesuai dengan ketentuan Undang-undang Pemilihan Umum (Pemilu) harus dilaksanakan dan pada kandidat cukup membacanya saja," Kata Sekretaris DPRD Kota Manado Danny Mandagie di Manado, Rabu.

Mandagie mengatakan nantinya para anggota DPRD sebagai perwakilan masyarakat, penjabat wali kota dan semua unsur musyawarah pimpinan daerah (Muspida) dan tokoh masyarakat hingga akademisi yang diundang hadir akan mendengarkan janji para kandidat tersebut.

Kehadiran para tokoh masyarakat dianggap penting, sebab mereka juga menjadi penentu dari nilai elektabilitas para kandidat sebab suara mereka biasanya didengarkan sebagian besar warga, kota, kata Mandagie.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Manado Conny Palar mengatakan pihaknya sangat siap melakukan hal tersebut sebab memang merupakan salah satu tahapan Pemilihan Kepala daerah (Pilkada) yang tak boleh diabaikan.

KPU sebagai penyelenggara Pilkada bertanggungjawab penuh terhadap hal itu dan mewajibkan setiap pasangan kandidat untuk hadir agar bisa meyakinkan para pendengar mengenai visi dan misi mereka, kata Palar.

"Semua visi dan misi para calon tersebut akan dimasukan dalam lembar daerah, sehingga siapapun nantinya yang akan terpilih harus komitmen dengan hal tersebut dan wajib memenuhi janjinya kepada masyarakat yang terwakili di DPRD Manado," kata Palar.

Anggota DPRD Manado dari Partai Keadilan Sejahtera Syarifudin Saafa mengatakan sesuai aturan dalam Undang-undang Pemilu dalam pemaparan visi dan misi itu tidak ada dialog sama sekali, cukup membaca caja.

Tetapi ia mengatakan pihaknya akan berusaha melakukan lobi-lobi politik supaya bisa ada dialog walaupun hanya sebentar, supaya para wakil rakyat termasuk penjabat wali kota yang hadir bisa menilai sampai dimana kemampuan dan kapabilitas para calon tersebut.

Beberapa pasangan kandidat seperti Djeli Massie dan Harry Pontoh dari jalur perorangan dan Vicky Lumentut-Harley Mangindaan mengatakan sangat siap membacakan visi dan misi mereka, supaya diketahui oleh setiap orang di Kota Manado. (*/dm)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar