Jumat, 30 Juli 2010

Elektabilitas 35.2 Persen, SVR-MMS Menang Satu Putaran

MANADO, suara manadonews (30/07/2010)—Trend survei menunjukkan pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur, Stefanus Vreeke Runtu dan Hj Marlina Moha Siahaan (SVR-MMS) unggul dari pasangan lainnya dan mencapai elektabilitas 35,2 persen. Menurut Direktur Jakarta Vote Center (JVC), Andi Gunawan di Manado, Kamis (29/9), hasil survei menunjukkan pasangan SVR-MMS berpeluang besar untuk menjadi Gubernur dan Wakil Gubernur  Sulut periode 2010-2015. “Hasil survei yang dilakukan oleh Jakarta Vote Center, pada Juli dengan jumlah responden sebanyak 520 orang menunjukkan, tren survei SVR-MMS unggul dan meyakinkan untuk menang dengan 35,2 persen,” ujar Gunawan.

Sementara katanya lagi, untuk pasangan SHS-DK turun dengan elektabilitas 30,4 persen, E2L-HW dengan 17 persen, RML-HP 11 persen dan tidak menjawab sebesar 6,4 persen. “Pokoknya, sejak awal elektabilitas SVR-MMS terus naik dari titik awal 7,1 persen pada Februari 2010, kemudian naik padaApril 2010 sebesar 18 persen,” tukasnya.

Selanjutnya, pada Mei 2010 naik menjadi 21 persen, dan Juni kemudian naik enam persen menjadi 27 persen. Terakhir pada Juli 2010, elektabilitas SVR-MMS naik 8,2 persen menjadi 35,2 persen.

Hasil survei ini menunjukkan, pasangan yang berasal dari bawah tetap berpeluang besar untuk menang seperti yang terjadi di Sulawesi Selatan, dengan menangnya Syahrul Yasin Limpo. "Jadi tren survei yang semakin meningkat ini, menunjukkan pasangan SVR-MMS berpeluang besar untuk menjadi pemenang. Meski berawal dari titik bawah, namun hasil per bulan menunjukkan warga Sulut semakin mengenal dan mendukung pasangan ini dan mendongkrak elektabilitas SVR-MMS," tutur Gunawan.

Sementara pasangan lainnya, seperti SHS-DK mengalami penurunan elektabilitas, yang sebelumnya sempat unggul di bulan Juni dengan 35 persen. Namun pada Juli turun hingga ke 30,4 persen. Sementara pasangan E2L-HW turun dua persen menjadi 17 persen dan RML-HP turun satu persen menjadi 11 persen. "Untuk responden yang tidak menjawab juga terjadi penurunan, setelah sebelumnya pada Juni sebesar 7,5 persen menjadi 5,4 persen," tandasnya.

Mendengar hasil survey JVC tersebut, Koordinator Tim Media Center SVR-MMS, Hanny Sumakul, mengatakan cukup menggembirakan.  Hasil survei tersebut menurut Hanny, menunjukkan kerja keras tim pemenangan dan tim sukses, serta seluruh pengurus dan kader Partai Golkar se-Sulut sudah terlihat indikasi keberhasilannya. "Kita memang memulai dari bawah, tapi dengan hasil ini, menunjukkan apa yang dilakukan oleh pendukung SVR-MMS sangat luar biasa. Kami tidak pernah lelah berjuang, tidak pernah takut ketika diserang atau dilecehkan dan ini adalah indikasi kemenangan SVR-MMS. Ini adalah hasil ilmiah, dan setidaknya akan menggambarkan apa yang akan terjadi pada 3 Agustus nanti," pungkas Sumakul. (***)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar