Selasa, 15 Juni 2010

Vasung Perjuangkan Jamkesmas, Hasil Raker Komisi IX, Menkes Bantu Putri

Vasung saat mendoakan Putri Gracia Sambiran di RS Dr Kariadi Semarang

suara manadonews (15/06/2010)MENTERI Kesehatan RI, Endang Rahayu Sedyaningsih, berjanji akan memberikan perhatian serta bantuan kepada Putri Gracia Sambiran (7) warga Desa Tatelu Jaga Dua Kecamatan Dimembe Minahasa Utara, yang menderita Sirosis Hepatis, dan kini sementara menjalani perawatan intensif di RS Dr Kariadi Semarang.

Hal tersebut ditegaskan Menkes ketika melakukan Rapat Kerja (Raker) dengan Anggota DPR RI Komisi IX, Senin (14/6). Dalam rapat bersama kementrian kesehatan tersebut, Srikandi Sulawesi Utara Vanda Sarundajang (Vasung) menyentil soal kondisi Putri Sambiran, bocah asal Kawanua yang kini masih terbaring lemah di RS Kariadi akibat menderita Sirosis Hepatis. “Saya meminta perhatian Menteri soal anak Putri supaya mendapat perhatian. Dan ibu Menteri menyampaikan bahwa beliau akan memberikan perhatian dan bantuan yang diperlukan,” ungkap Anggota DPR RI perwakilan Sulawesi Utara.

Selain itu, Putri Gubernur Sulawesi Utara Sinyo Harry Sarundajang ini juga tetap konsisten untuk mengawal serta terus menfasilitasi dengan kementrian kesehatan mengenai kondisi Putri. Sebab, sejak kondisi Putri yang memiriskan terangkat lewat media cetak dan elektronik, Vanda Sarundajang bersama Pemerintah Sulut, terlibat langsung dalam proses pemulihan kesehatan Putri. “ Saya akan terus mengawal dan terus memfasilitasi dengan pihak-pihak terkait , supaya anak Putri mendapatkan pelayanan yang maksimal,” ujar wanita berparas cantik ini.

Bukan hanya itu saja, kepada Menkes, Anggota DPR RI dari Fraksi PDI Perjuangan ini juga menyentil tentang program Jamkesmas yang dianggap proses pelayanan terhadap masyarakat miskin belum maksimal. “Saya meminta ketegasan Menteri soal program Jamkesmas yang banyak sekali keluhan-keluhan tentang penanganannya termasuk di Sulawesi Utara, seperti penolakan pasien yang sudah mempunyai kartu Jamkesmas/Jamkesda dan pasien yang mengeluarkan biaya obat dan lain-lain,” tegas Vasung.
Vasung menambahkan, pihak kementrian Kesehatan, dalam hal ini Menkes Endang Rahayu Sedyaningsih merespon positif keluhan masyarakat tersebut. “Pokoknya soal Jamkesmas dan Jamkesda , Pemerintah akan meningkatkan koordinasi dan pengawasan, supaya pelayanan bisa lebih baik lagi,” tandasnya. (*/otnie)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar