Jumat, 18 Juni 2010

Pemilih Pilgub di Mitra Capai 76.336



Benu: DPT Tombatu Berkurang

RATAHAN, suara manadonews (18/06/2010) Daftar Pemilih Tetap (DPT) dari enam Kecamatan (sebelum dimekarkan), Kecamatan Ratahan dan Kecamatan Tombatu menjadi daerah yang memiliki jumlah pemilih paling banyak, sebagai mana terungkap dari Pleno penetapan Daftar Pemilih Tetap (DPT) untuk Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pemilukada) Gubernur Sulut 2010 yang digelar KPU Mitra, Kamis (17/06) .

Kecamatan Ratahan menjadi ‘pengoleksi’ pemilih terbanyak dengan jumlah 19.630 pemilih, disusul Kecamatan Tombatu (18.798 pemilih), Kecamatan Touluaan (11.327 pemilih), Kecama-tan Belang (10.967 pemilih), Kecamatan Ratato-tok (9.320 pemilih), dan terakhir Kecamatan Pusomaen (6.294 pemilih). DPT di Mitra sendiri secara keseluruhan mencapai 76.336 pemilih, masing-masing laki-laki 39.605 pemilih dan perempuan 36.731 pemilih.

Ketua KPU Mitra, Drs Ascke Benu MSi, didampingi anggota KPU bidang Data dan Informasi, Helty F Massie SE menjelaskan, DPT ini diperoleh setelah melalui beberapa kali tahapan verifikasi dan validasi. “Data awal diperoleh dari Daftar Penduduk Potensial Pemilih Pemilu (DPA) dan DPT Pilpres. Data ini kemudian divalidasi untuk mendapatkan Daftar Pemilih Sementara (DPS) yang divalidasi lagi menjadi Daftar Pemilih hasil Perbaikan (DPP), yang akhirnya divalidasi lagi menjadi DPT,” ujar Benu.

“Pokoknya proses validasi data meliputi penelitian atas pemilih ganda, pemilih pindahan, pemilih yang pindah, pemilih pemula, dan pemilih yang meninggal dunia,” pungkas Dosen Fisip Unsrat ini. Pleno KPU penetapan DPT ini dihadiri enam kecamatan PPK di Mitra serta perwakilan partai pengusung dan pendukung Cagub-Cawagub. (*/otnie)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar