Jumat, 18 Juni 2010

Masih Banyak Warga Miskin di Bitung Belum Dapat Jamkesmas

Angka Kemiskinan 2008 Capai 9.543 Rumah Tangga

BITUNG, suara manadonews (18/06/2010)—Komisi A DPRD Bitung hari kamis 17 juni mengadakan kunjungan ke RSUD Manembo-Nembo Bitung menindak lanjuti Laporan warga terhadap pelayanan rumah sakit ini.

Ketua komisi A Laode Sumilla di tempat yang sama mengatakan, bahwa temuannya yang di sampaikan oleh sejumlah pasien bahwa pelayanan RSUD Bitung sangat baik dan terjamin. “Namun yang sangat di sesalkan terdapat beberapa pasien yang tidak memiliki Jamkesmas, seperti para pasien yang berasal dari kelurahan Wangurer dan kelurahan Manembo-nembo Atas,” ujar Sumilla.

Terkait dengan Jamkesmas, timbul banyak pertanyaan dari para dokter RSUD Bitung dan DPRD Bitung terhadap data jamkesmas sehingga saat di konfirmasi wartawan tentang data ini Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat (PMD) Kota Bitung Drs Zulkifly menjelaskan bahwa, data peserta Jamkesmas yang telah di ususlkan oleh BPM Bitung tidak di akomodir pemerintah pusat dan jelasnya data tersebut hanya di akui yakni data BPS Bitung.

Jamkesmas yang di nilai kurang tepat sasaran tersebut menurut kepala BPS Bitung, data tersebut telah diserahkan ke BPM untuk menjadi dasar yang disesuaikan dan data tersebut adalah data tahun 2008 dengan angka kemiskinan 9.543 rumah tangga. Namun jika beberapa warga yang tidak menerima Jamkesmas kemungkinan karena setiap tahun, kota Bitung mengalami peningkatan jumlah penduduk. “Sehingga untuk Jamkesmas tahun 2011 nanti, datanya berdasarkan sensus penduduk,” tandasnya.

Pihak RSUD Bitung sendiri mengatakan bahwa, akan mengadakan survei lapangan tentang kondisi sosial bagi para pasien, yang tidak memiliki Jamkesmas dan yang benar-benar tergolong kurang mampu. (ayu dewi) 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar