Rabu, 23 Juni 2010

Laupatty dan Lumi Gagal, Kumayas Kembali Nahkodai PWI Sulut

MANADO, suara manadonews (23/06/2010)—Konferensi Cabang Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Sulawesi Utara (Sulut yang berlangsung di Swiss-bellhotel Maleosan, berlangsung alot. Pasalnya, seperti yang diprediksi sebelumnya ‘Incumbent’ Ketua PWI Cabang Sulut bakal kembali memimpin PWI Sulut. Hal ini dibuktikan Drs Jootje Kumayas-begitu nama lengkapnya Ketua PWI tepilih periode 2010-2015. Kumajas yang sebelumnya menjabat ketua PWI Sulut ini sebagai Kepala Perwakilan Kantor Berita Antara Sulut.

Dalam Konferensi PWI yang dibuka oleh Gubernur Sulut Drs Sinyo H Sarundajang dan dihadiei langsung oleh Ketua Umum PWI Pusat H Margiono ini, menarik untuk disimak. Pasalnya, perebutan ketua PWI Sulut ini memanas akhir-akhir ini, menjelang konferensi. Sebab tiga pesaing yang memperebutkan organisasi wartawan yang bergengsi ini, masing-masing Drs Yootje Kumayas, Decky Laupatty dan Drs B Wilson Lumi, di sebut-sebut kans kuat untuk memimpin PWI Sulut lima tahun mendatang.

Namun menariknya, dalam proses pemilihan tersebut, kedua pesaing ‘incumbent’ tak mampu menembus pertahanan kubu Jootje Kumayas yang telah dibangunnya sejak beberapa tahun terakhir ini. “Sebab Kumayas masih lebih dikenal oleh kalangan senior di PWI yang memiliki hak suara, untuk memilih Ketua PWI,” ujar salah satu peserta Konferensi yang tak mau namanya dipublikasikan.

Kendati menurutnya, pesaing lainnya, seperti Lumi dan Loupatty telah mendapat dukungan yang signifikan, tapi tak dapat membendung dukungan yang menglir kepada Kumayas. Dari hasil Konferensi, perolehan Yootje Kumayas mampu mendulang 28 suara, sementara Decky Loupatty hanya meraih 18 suara dan Wilson Lumi di posisi ke tga dengan raihan 13 suara. Dengan sendirinya sesuai Tatib, siapa yang memiliki suara terbanyak dinyatakan sah sebagai ketua PWI yang baru. Sedangkan untuk penyusunan formatur kepengurusan selama dua minggu, terhitung sejak 23 Juni 2010 hingga dua pekan kemudian. (otnie tamod/sutrisno)




Tidak ada komentar:

Posting Komentar