Jumat, 18 Juni 2010

Empat Calon Klaim Menang Pilgub

Penetapan Nomor Urut Cagub Sulut

MANADO, suara manadonews (18/06/2010)—Dalam Rapat Pleno terbuka Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Provinsi Sulut di Gran Kawanua Hotel Jumat (18/06), menetapkan nomor urut empat pasang calon Gubernur dan Wakil Gubernur. Ramoy Markus Luntungan (RML)-Hamdi Paputungan (HP) Nomor Urut 1, Stefanus Vreeke Runtu dan Marlina Moha Siahaan (SVR-MMS) Nomor Urut 2, Elly Engelbert Lasut dan Henny Wullur (E2L-HW) Nomor Urut 3, dan Sinyo Harry Sarundajang dan Djauhari Kansil (SHS-BERHASIL)  Nomor Urut 4. Pleno ini di pimpin langsung ketua KPU Sulut Livie Allow Ssos MSi dan dihadiri Kapolda Sulut beserta seluruh simpatisan dari semua pasangan calon.

Empat Calon Gubernur (Cagub) Sulawesi Utara (Sulut) yang akan ikut Pemilihan Gubernur 3 Agustus 2010 mendatang, mengklaim nomor urut yang diundi KPUD memiliki keberuntungan tersendiri. "Saya mendapatkan nomor urut 1, pasti selalu membawa kemenangan karena hanya nomor satu yang pasti juara. Sebab Nomor ini pertanda DB 1," ujar Cagub, Ramoy Markus Luntungan (RML).

Sementara SVR-begitu Cagub Golkar Stefanus Vreeke Runtu akrab disapa-yakin nomor urut dua sebagai ibarat victory atau  sebagai kemenangan. "Yang pasti semua warga Sulut tahu, kalau angka dua ibarat victory atau kemenangan. Sehingga kami klaim juga menang di pemilihan gubernur 3 Agustus mendatang," kata Runtu. Menariknya, tim sukses SVR-MMS langsung membagi-bagikan poster yang sudah ditandai angka dua kepada semua pengunjung, menandakan kesiapan untuk ikut  Pilgub.

Sementara itu, calon ‘incumbent’ SHS-BERHASIL hanya menanggapi angka empat sebagai bentuk ulangan kemenangan pada pemilihan Gubernur Sulut 2004 lalu. "Pada tahun 2004 lalu, saya dapat angka empat dan menang putaran pertama pemilihan Gubernur Sulut, mungkin ini bakal akan berlanjut ulang," tandas SHS.

Sementara calon Gubernur yang diusung 13 Parpol dr Elly Engelbert Lasut ME dan Henny Wulur (E2L-HW) meyakini angka 3 yang menjadi nomor urut Cagub, tak akan dilupakan masyarakat Sulut, sebab bertepatan dengan pencoblosan Pilgub ada 3 Agustur mendatang. “Inga-inga coblos nomor urut 3 pada tanggal 3 Agustrus,” kata E2L-HW.

Ketua KPUD Sulut Livie Allow SSos MSi, yang memimpin rapat pleno itu mengatakan, proses pengundian nomor urut sudah sesuai aturan berlaku dan sangat transparansi dan demokrasi. "Proses penetapan nomor urut ini disaksikan masyarakat luas melalui perwakilan tim sukses maupun para jurnalis," katanya. (tim suara manadonews)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar