Selasa, 08 Juni 2010

DPRD Solo Kagumi Keberhasilan Even WOC dan CTI Summit

MANADO, suaramanadonews-Kekaguman berbagai daerah di tanah air menyangkut keberhasilan pemerintah dan masyarakat Sulawesi Utara (Sulut) dalam menggelar tiga even Internasional yakni, World Ocean Converence (WOC) dan Coral Triangle Initiative (CTI) Summit serta Sail Bunaken pada pertengahan tahun 2009 lalu rupanya hingga saat ini masih terus bergaung di seantero nusantara.

Kali ini kekaguman ini datang dari Komisi A DPRD Kota Surakarta (Solo) yang berjumlah 7 orang, dipimpin Ketua Komisi JR Sukasno dan Pemkot Solo diwakili Kadis Infokom Kota Solo. “Memang tujuan kedatangan kali ini di Sulut hanya ingin mengetahui langsung sejauh mana peran pemprov Sulut, dalam melaksanakan tiga even internasional yang dinilai telah berhasil. Sekaligus mengangkat harkat dan martabat bangsa Indonesia di mata dunia internasional,” ujar Sukasno.

“Jadi tujuan utama kami ke daerah bumi nyiur melambai selain ingin mengetahui peran Pemprov dalam menyukseskan tiga even internasional itu, serta kami juga akan menikmati keindahan alam bawah laut di Taman Nasional Bunaken,” tambah sukasno lagi.
Pertemuan yang dipimpin Kadis Kebudayaan dan Pariwisata DR drh F Rotinsulu, ini berlangsung dalam suasana kekeluarggaan. Ia menjelaskan pelaksanaan even internasional yang digelar di daerah ini diakuinya tak lepas dari kepercayaan pemerintahan SBY, yang telah merekomendasikan ide lokal Gubernur SH Sarundajang lewat Keppres-nya untuk menggelar even dunia di Sulut.

Rotinsulu menyebutkan, selama berlangsungnya even WOC/CTI Summit dan Sail Bunaken telah mendapat dukungan dunia internasional. Buktinya hajatan itu dihadiri sedikitnya 6.000 peserta yang berasal dari 82 negara partisipan. “Sementara CTI Summit juga turut dihadiri enam kepala negara masing-masing, PM Salomon Island Derek Sikua, PM Papua New Guinea Michael Somare, PM Malaysia Najib Tun Abdulk Razak, Presiden Timor Leste Ramos Horta, Presiden Philipina Gloria machapagal Aroyo dan Presiden SBY sendiri,” ujar Rotinsulu.

Rotinsulu menambahkan, Pasca perhelatan WOC/CTI Summit dan Sail Bunaken, kini Sulut telah menjadi salah satu daerah tujuan Meetting, Incentive, Converence dan Exebition (MICE). “Begitu pula dengan peran wartawan dalam menyukseskan tiga even tersebut dinilai sangatlah besar perannya,” tandasnya. (otnie tamod)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar